Makan Pedas saat Hamil? Amankah?

Masa-masa kehamilan pastinya menjadi sebuah masa yang menghadirkan banyak sensasi baru. Terlebih bagi Moms yang baru pertama kali merasakan fase ini. Saat hamil, sebagian besar Moms akan mengidam makanan tertentu yang sangat variatif, seperti makanan pedas. Hal ini menimbulkan pertanyaan tentang apakah makanan tersebut akan menimbulkan bahaya bagi kehamilan Moms.

Masa kehamilan membuat Moms harus lebih memilih dalam menentukan makanan dan minuman tertentu, salah satunya olahan makanan pedas. Karena saat kehamilan, Moms tidak hanya memenuhi kebutuhan energi sendiri namun juga untuk Si Kecil. Dilansir dari alodokter.com, mengonsumsi makanan pedas saat masa kehamilan sebenarnya boleh dan tidaklah membahayakan janin. Jadi, makanan pedas bukanlah sesuatu untuk dihindari selama masa kehamilan meski sebaiknya perlu untuk dikurangi karena akan memberikan dampak jika frekuensinya terlalu sering.

Dampak Makan Pedas saat Kehamilan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, makan makanan pedas sebenarnya aman bagi bayi dalam kandungan. Namun, makan pedas saat kehamilan bukan berarti tidak memiliki dampak tertentu. Jika dipisahkan sesuai tingkatannya, pada trimester pertama, makan makanan pedas biasanya tidak akan menimbulkan dampak tertentu secara serius, namun dampak yang mungkin terasa adalah rasa mual dan morning sickness apalagi jika sejak awal sudah memiliki masalah mual sepanjang hari. Pada trimester kedua dan ketiga juga bisa saja keluhan seperti mual dan mulas masih terjadi.

Meskipun memiliki beberapa dampak seperti yang sebelumnya dijelaskan, sebenarnya efek makanan pedas tersebut tidak akan mengakibatkan dampak fatal seperti keguguran atau kelahiran prematur. Satu dampak yang cukup penting adalah fenomena heartburn yaitu munculnya rasa terbakar di daerah dada yang terjadi umumnya pada trimester ketiga. Hal ini terjadi karena asam lambung yang naik ke kerongkongan sebagai akibat dari ukuran janin yang sudah membesar.

Boleh Tapi..

Meski tidak memiliki efek serius bagi kesehatan kehamilan, Moms tetap harus membatasi konsumsi makanan-makanan pedas untuk menghindari efek-efek tertentu Berikut tips makan pedas yang perlu Moms ketahui:

  • Apabila makan makanan pedas langsung membuat perut Moms terasa tidak nyaman, baiknya hindari makanan tersebut dalam beberapa waktu
  • Perlu lebih selektif karena makanan pedas bukan hanya berasal dari cabai namun juga dari bahan lain seperti wasabi, lada, cajun dan lainnya
  • Sebaiknya membatasi makan makanan pedas maksimal satu kali dalam sehari
  • Baiknya memakan makanan pedas yang Moms buat sendiri agar kadarnya sesuai dengan kesanggupan tubuh
  • Memastikan tubuh selalu terhidrasi dengan baik apalagi setelah mengonsumsi makanan pedas.

Makan makanan pedas saat kehamilan pada dasarnya aman bagi kesehatan kehamilan dan kondisi bayi. Namun, tak berarti Moms boleh makan makanan pedas sesukanya. Beberapa dampak seperti mual, dan asam lambung yang naik mungkin saja terjadi sehingga sebaiknya membatasi konsumsi makanan pedas ini. Sesuaikan kadar atau porsian makanan pedas ini sesuai dengan ketahanan tubuh Moms mengingat pasti ketahanan setiap Moms berbeda-beda! – KJ

Tinggalkan Balasan