Tidur Setelah Belajar Buat Si Kecil Lebih Pintar

Tidur Setelah Belajar Buat Si Kecil Lebih Pintar

ara peneliti di NYU Langone Medical Center menemukan sebuah penelitian berupa rahasia untuk menjadi lebih pintar pagi para pelajar. Rahasia tersebut adalah para pelajar sebaiknya segera tidur setelah mereka belajar.

Menurut penelitian yang dilansir dari indiatimes.com ini dijelaskan bahwa tidur yang dilakukan setelah belajar akan mendorong pertumbuhan dendritik, tonjolan kecil di sel otak yang terhubung ke sel-sel otak lain dimana dapat meningkatkan kemampuan otak untuk mengingat dan mencerna.Penelitian yang juga diterbitkan dalam jurnal Science ini semakin mendukung penelitian sebelumnya yang mengatakan bahwa tidur yang berkualitas memegang peranan penting untuk perkembangan otak.

Berdasarkan beberapa penelitian yang sudah dilakukan, peneliti menyimpulkan bahwa otak mungkin saja penuh dengan berbagai informasi yang menyebabkan otak kita tidak bisa bekerja secara efektif setelah tidak tidur dalam waktu lama, teman-teman.

Nah, peneliti menemukan kalau saat kita bangun tidur, otak akan menyimpan memori atau ingatan di bagian otak bernama hippocampus. Hippocampus di otak manusia berperan pada kegiatan mengingat atau memori dan navigasi ruangan. Kalau kita terlalu lama tidak tidur, maka bagian hippocampus ini akan bekerja lebih lambat dan karena terlalu banyak menerima informasi lain, maka otak akan menjadi kurang siap untuk belajar.

Akibatnya, kita jadi tidak bisa menghapal apa yang kita pelajari dengan baik. Sedangkan tidur bisa meningkatkan kemampuan mengingat karena saat tidur, otak akan mentransfer ingatan dan informasi dari hippocampus. Ingatan itu kemudian disimpan di bagian otak lainnya, yaitu korteks prefrontal yang berguna sebagai penyimpanan jangka panjang.

Karena berbagai informasi yang kita pelajari sudah tersimpan di bagian memori jangka panjang, maka otak bagian memori jangka pendek kita bebas dari berbagai memori, yang memungkinkan kita untuk lebih siap untuk mengingat hal lainnya ketika bangun.